Pengelolaan Pembelajaran dalam Pembinaan Religiusitas dan Entrepreneurship di TK Khalifah Aceh 2

Hasan Basri, 140206048 (2019) Pengelolaan Pembelajaran dalam Pembinaan Religiusitas dan Entrepreneurship di TK Khalifah Aceh 2. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengelolaan Pembelajaran dalam Pembinaan Religiusitas dan Entrepreneurship di TK Khalifah Aceh 2]
Preview
Text (Pengelolaan Pembelajaran dalam Pembinaan Religiusitas dan Entrepreneurship di TK Khalifah Aceh 2)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan pembelajaran merupakan proses untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang ada di TK Khalifah adalah memastikan anak - anak bercita-cita menjadi moslem entrepreneur dengan keteladanan Nabi Muhammad SAW. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembejaran dalam pembinaan religiusitas dan entrepreneurship di TK Khalifah Aceh 2, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran nilai – nilai ajaran islam dan entrepreneurship di TK Khalifah Aceh 2, untuk mengetahui hambatan dan tantangan nilai – nilai entrepreneurship di TK Khalifah Aceh 2. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah manager sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data penelitian adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran di TK Khalifah Aceh 2 sudah diatur oleh pusat. Sekitar 80% perencanaan pembelajaran diatur oleh pusat sedangkan 20% diatur oleh kebijakan direktur sekolah, hal ini dikarenakan TK khalifah memakai sistem franchise. Pembelajaran yang ada di TK Khalifah berbasis tauhid dan entrepreneuship. nilai-nilai tauhid dan entrepreneurship yang ditanamkan yakni nilai taqwa, tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, kerjasama, berani/percaya diri, dan menghargai prestasi. Proses pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan awal, istirahat dan kegiatan inti. Adapun strategi pembelajaran yang digunakan yakni melalui latihan kepribadian, permainan, dan kasih sayang. Faktor pendukung proses pembelajaran yakni letak geografis TK, team work yang baik antar guru, dan peran serta orang tua. Adapun faktor penghambat proses pembelajaran yaitu keterbatasan SDM guru, kegiatan di luar rencana kurikulum, dan media pembelajaran yang minim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Mujiburrahman, M. Ag 2. Nurussalami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembelajaran, Religiusitas, Entrepreneurship
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hasan Basri Hasan
Date Deposited: 12 Jul 2019 07:29
Last Modified: 12 Jul 2019 07:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8857

Actions (login required)

View Item
View Item