Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP

Resi Elvina, 140205089 (2019) Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa)
RESI ELVINA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang diterapkan oleh guru di dalam kelas belum dapat memaksimalkan kemampuan hasil belajar siswa dimana guru yang menjelaskan materi sedangkan siswa hanya memperhatikan dan mengikuti contoh yang diberikan oleh guru. Selain itu kurangnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika menjadikan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Maka alternatif untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran generatif dalam aktivitas pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran generatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 17 Banda Aceh yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar. Data dari hasil tes dan lembar observasi dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar siswa pada tes awal 42,28% dengan kategori sangat rendah menjadi 73% dengan kategori sedang pada siklus I. Persentase kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik yaitu 81,42% dan hasil observasi aktivitas siswa masing-masing kategori ada yang sudah termasuk dalam kategori ideal yaitu masih berada dalam batas toleransi yang diberikan. Lalu, pada siklus II meningkat hingga mencapai 80,26% dengan kategori sedang, persentase kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik yaitu 91,42% dan hasil observasi aktivitas siswa masing-masing kategori sudah termasuk dalam kategori ideal yaitu masih berada dalam batas toleransi yang diberikan. Pada tes akhir meningkat menjadi 90% dengan kategori tinggi. Jadi, dapat dikatakan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Burhanuddin AG, M. Pd 2. Budi Azhari, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Generatif
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Resi Elvina
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:32
Last Modified: 01 Aug 2019 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9251

Actions (login required)

View Item
View Item