Penerapan Metodel Stop Think Do untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Pada Materi PAI di SDN Sri Musim Lampuuk

Ulfi Saihatin, 210201121 (2025) Penerapan Metodel Stop Think Do untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Pada Materi PAI di SDN Sri Musim Lampuuk. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Pelnelrapan Meltodel Stop Think Do] Text (Pelnelrapan Meltodel Stop Think Do)
Ulfi Saihatin, 210201121, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Pelnelrapan Meltodel Stop Think Do] Text (Pelnelrapan Meltodel Stop Think Do)
Cover - BAB I Ulfi Saihatin.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya materi Akidah Akhlak, yang disebabkan oleh kurangnya variasi metode pembelajaran yang mampu meningkatkan konsentrasi dan partisipasi aktif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses penerapan metode Stop Think Do terhadap pemahaman konsep belajar siswa pada Materi PAI di SDN Sri Musim Lampuuk? (2) Apakah metode Stop Think Do ini dapat meningkatkan pemahaman konsentrasi belajar siswa pada materi PAI materi di SDN Sri Musim Lampuuk? Penelitian ini bertujuan (1) Untuk melngeltahui Bagaimana prosels pelnelrapan meltodel Stop Think Do telrhadap pelmahaman konselp bellajar siswa pada materi PAI di SDN Sri Musim Lampuuk (2) Untuk melngeltahui Bagaimana dapat melningkatkan pelmahaman konselntrasi bellajar siswa pada materi PAI di SDN sri musim lampuuk. Pelnellitian ini melnggunakan meltodel Pelnellitian Tindakan Kellas (PTK) modell Kelmmis dan Mc. Taggart delngan dua siklus, yang telrdiri dari pelrelncanaan, tindakan, obselrvasi, dan relflelksi. Subjelk pelnellitian adalah siswa kellas VI tahun ajaran 2025/2026. Telknik pelngumpulan data dilakukan mellalui obselrvasi, tels, dan dokumelntasi. Hasil pelnellitian melnunjukkan bahwa pelnelrapan meltodel Stop Think Do melningkatkan aktivitas guru dan siswa, selrta hasil bellajar. Aktivitas guru melningkat dari 73,61% (baik) pada siklus I melnjadi 81,94% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa juga melningkat dari 55,55% (buruk) melnjadi 77,77% (baik). Sellain itu, meltodel ini melndorong siswa untuk melngelnali potelnsi diri, melnyusun solusi, dan mellaksanakan relncana bellajar selcara mandiri. Kelsimpulannya, meltodel Stop Think Do telrbukti elfelktif melnciptakan pelmbellajaran PAI yang lelbih aktif, relflelktif, dan belrmakna, selrta mampu melningkatkan pelmahaman dan partisipasi siswa selcara signifikan pada SDN Sri Musim Lampuuk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfi Saihatin
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:24
Last Modified: 04 Sep 2025 07:24
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51563

Actions (login required)

View Item
View Item