Winda Afrida, 170210009 (2023) Analisis Kemampuan Literasi Baca Tulis pada Anak Kelompok B di TK Bungong Meulu Cut Teunom Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Analisis, Literasi Baca Tulis dan Anak Usia Dini]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Winda Afrida, 170210009, FTK, PIAUD, 082168573995.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
![[thumbnail of Analisis, Literasi Baca Tulis dan Anak Usia Dini]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Winda Afrida, 170210009, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Literasi baca tulis adalah kemampuan dan pengetahuan untuk membaca, menulis, menelusuri, mengolah dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial. Berdasarkan pengamatan awal Peneliti lakukan pada tanggal 09 A gustus 2023 di TK Bungong Meulu Cut Teunom Aceh Jaya, terdapat 3 orang anak dari 16 anak usia 5-6 tahun dengan kemampuan anak dalam membaca dan menulisnya belum berkembang yang dilihat dari proses belajar mengajar membaca dan menulis. Anak-anak tersebut masih dibantu oleh guru dalam pramembaca dan pramenulis. Anak-anak tersebut belum mengenal huruf sehingga belum mampu membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi baca tulis pada anak kelompok B di TK Bungong Meulu Cut Teunom Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data yang bersifat derkriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kemampuan literasi baca tulis subjek A dan subjek B Belum Berkembang (BB) sedangkan subjek C Mulai Berkembang (MB). Berdasarkan hasil wawancara pada guru ditemukan kendala pada guru dalam proses pembelajaran literasi baca tulis, yaitu kurangnya metode dalam pengajaran untuk peserta didik dan kurangnya interaksi antara guru dengan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.2 Pendidikan Dasar tingkat Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Winda Afrida |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 06:59 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 06:59 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43992 |