Penggunaan Metode True Or False Dengan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Penggunaan Kata Depan (Studi Eksperimen Di Institut Tgk. Chiek Oemar Diyan, Aceh Besar)

Aprirairani Khaira Supian, 210202025 (2025) Penggunaan Metode True Or False Dengan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Penggunaan Kata Depan (Studi Eksperimen Di Institut Tgk. Chiek Oemar Diyan, Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Metode True Or False Dengan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Penggunaan Kata Depan (Studi Eksperimen Di Institut Tgk. Chiek Oemar Diyan, Aceh Besar)] Text (Penggunaan Metode True Or False Dengan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Penggunaan Kata Depan (Studi Eksperimen Di Institut Tgk. Chiek Oemar Diyan, Aceh Besar))
Aprirairani Khaira Supian, 210202025, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Penggunaan Metode True Or False Dengan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Penggunaan Kata Depan (Studi Eksperimen Di Institut Tgk. Chiek Oemar Diyan, Aceh Besar)] Text (Penggunaan Metode True Or False Dengan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Penggunaan Kata Depan (Studi Eksperimen Di Institut Tgk. Chiek Oemar Diyan, Aceh Besar))
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Setelah peneliti melakukan observasi langsung di Institut Tgk. Chiek Oemar Diyan, peneliti menemukan bahwa banyak siswi masih menghadapi kesulitan dalam mempelajari huruf jar. Sebagian dari mereka sudah mengetahui tentang huruf jar, tetapi masih kurang tepat dalam menerapkannya, terutama dalam penggunaan huruf jar dalam penyusunan kalimat. Dalam hal ini, peneliti menggunakan metode True or False dalam proses pembelajaran, di mana penggunaan metode ini diharapkan dapat membantu guru dalam proses pengajaran. Oleh karena itu, topik yang sesuai untuk penelitian ini adalah penggunaan metode True or False dengan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan mahasiswi dalam memahami penggunaan huruf jar di institut Tgk. Chiek Oemar Diyan, Aceh Besar. Peneliti menggunakan desain penelitian eksperimen One Group Pre-Test, Post-Test dan mengambil sampel penelitian dari kelas II (B) di Institut Tgk. Chiek Oemar Diyan, yang berjumlah 20 siswi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah tes awal, tes akhir, dan lembar observasi. Penggunaan metode True or False dengan kartu kata efektif untuk meningkatkan kemampuan mahasiswi dalam memahami penggunaan huruf jar di Institut Tgk. Chiek Oemar Diyan, dan peneliti mengandalkan hasil dari uji Paired Samples T Test yang menunjukkan hasil tingkat signifikansi (Sig. (2-tailed) 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sedangkan hasil dalam aktivitas siswi adalah sebesar 92,5%, dan hasil dalam aktivitas guru adalah 91%, yang menunjukkan hasil yang sangat baik berdasarkan analisis data observasi langsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 410 Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia) > 412 Etimologi bahasa baku
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aprirairani khaira Supian
Date Deposited: 02 May 2025 03:04
Last Modified: 02 May 2025 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44990

Actions (login required)

View Item
View Item